Rabu, 11 Maret 2015

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

            
             


PANDUAN
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL
BIOLOGY EXHIBITION UNIMED 2015 ( Latin Biexmedin )
Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan


A.    Overview
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat Mahasiswa seluruh Indonesia yang diselenggarakan dalam acara Biology Exhibition Unimed 2015 ini mengangkat tema :
 “ Meningkatkan Kualitas Lingkungan dari pengembangan Ilmu Pengetahuan ”
Dengan Sub-Tema :
1)      Energi
2)      Pertanian
3)      Bioteknologi

B.     Ketentuan Peserta dan Ketentuan Lomba
a)      Peserta berasal dari perguruan tinggi se-Indonesia yang terdiri dari maksimal 3 orang dalam satu perguruan tinggi yang sama dan didampingi 1 dosen pembimbing. Peserta dalam 1 kelompok boleh terdiri dari jurusan yang berbeda tetapi harus dalam institusi yang sama.
b)      Peserta LKTI merupakan kelompok mahasiswa yang masih aktif mengikuti studi baik S1 maupun diploma.
c)      Setiap tim wajib mengirimkan karya tulis mereka dengan metode penulisan dapat berupa hasil penelitian ataupun kajian literatur.
d)     Peserta dapat mengirimkan maksimal 2 karya dalam tim yang berbeda.
e)      Peserta mengirimkan abstrak terlebih dahulu,dan jika dinyatakan Lulus abstrak dapat mengirimkan karya tulis secara keseluruhan untuk masuk ke tahap penjurian penentuan 10 Finalis yang akan presentasi.
f)       Karya tulis yang dilombakan hendaknya memuat isu-isu terkini / kondisi lingkungan masyarakat Indonesia disertai dengan solusi  inovatif beserta gagasan cemerlang yang ditawarkan dalam meningkatkan kualitas lingkungan.
g)      Tim yang lolos sebagai finalis boleh membawa hasil penelitian , alat / peraga /  untuk menunjang personalitas dan rasionalitas penelitian saat presentasi .
h)      Karya yang berupa Tugas Akhir (TA) ataupun  sejenisnya dapat diikutsertakan dalam Latin biexmedin dengan catatan peserta masih berstatus mahasiswa aktif pada waktu mendaftar hingga berlangsungnya Babak Final Latin biexmedin.
i)        Setiap karya yang dikirimkan tidak diperkenankan untuk diikutsertakan dalam kegiatan lomba sejenis lainnya.
j)        Karya yang dikirim adalah karya orisinil.
k)      Setiap tim finalis wajib memiliki berkas karya tulis yang dibawa pada saat presentasi.
l)        Setiap bentuk kecurangan dalam lomba akan dikenakan pengurangan nilai atau diskualifikasi.
m)    Karya tulis peserta akan menjadi hak milik panitia dan hak cipta sepenuhnya berada di tangan peserta.
n)      Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

C.    Ketentuan Penulisan
Sistematika Penulisan
Bagian Awal (Cover)
v  Halaman Judul
a.       Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya menarik, ekspresif, mudah dipahami sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
b.      Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas.
c.       Perguruan tinggi ditulis dengan jelas.
v  Lembar Pengesahan
a.       Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk
b.      Pada kategori Perguruan Tinggi, Lembar pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing dan Wakil / Pembantu Rektor/ Direktur Bidang Kemahasiswaan / Ketua Jurusan lengkap dengan stempel perguruan tinggi / stempel jurusan.
c.       Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
v  Kata Pengantar
v  Pesan dan kesan dari penulis.
v  Daftar isi
Mencakup daftar isi dari setiap susunan penulisan, termasuk juga di dalamnya terdapat daftar lain seperti daftar gambar, daftar tabel, lampiran, dll.
Abstrak
Disusun maksimal dua (2) halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.

Bagian Inti
Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
a.       Latar belakang berisi tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah, pada paragraf terakhir berisi penjelasan mengenai solusi yang ditawarkan dari hasil karya tulis yang telah dibuat.
b.      Uraian dan deskripsi tentang keunggulan karya tulis dalam pemecahan masalah ; Perumusan masalah yang mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan karya tulis tersebut
c.       Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
Tinjauan Pustaka
Telaah pustaka berisi :
a.       Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
b.      Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji,
c.       Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, pengolahan data dan atau informasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
Pembahasan
Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
Penutup
a.       Kesimpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan tujuan.
b.      Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.
Bagian Akhir
Daftar Pustaka
Ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae)
Daftar riwayat hidup dari peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
Lampiran (jika diperlukan) - Memuat lampiran gambar, tabel dll.
*Ketentuan Lain Persyaratan Penulisan
a.       Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman (sudah termasuk lampiran, terhitung dari bab 1). Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
b.      Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb.
Tata Letak
Karya tulis diketik 1.5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman style).
Batas pengetikan adalah:
a.       Samping kiri 4 cm
b.      Samping kanan 3 cm
c.       Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm
d.      Batas pengetikan 3 cm pada bagian bawah.
Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
a.       Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi
b.      Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas dan tanpa digarisbawahi.
c.       Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
d.      Judul anak Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
e.       Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
Pengetikan Kalimat
Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.
Penomoran Halaman
Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii dan seterusnya). Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab (1,2,3 dan seterusnya) serta diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya).

D.    Jadwal Kegiatan
1.      Pendaftaran dan pengumpulan abstrak           : 11 Maret - 10 April 2015
2.      Pengumuman Peserta Lolos Abstrak              : 13 April 2015
3.      Pengumpulan Naskah( Full Paper )                 : 13 April - 22 April 2015
4.      Pengumuman Peserta Lolos                            : 29 April 2015
5.      Konfirmasi kedatangan Peserta                      : 30 April - 12 Mei 2015
6.      Presentasi dan Pengumuman  Pemenang        : 14 Mei 2015
7.      Field Trip                                                        : 15 Mei 2015

 

E.     Kriteria Penilaian Lomba

NO
Kriteria Penilaian
Parameter Penilaian
Bobot (%)
Skor
1
Kesesuaian Format Penulisan
Penulisan : Kerapihan, tata letak, ukuran kertas, jumlah halaman
Penyajian : Sistematika penulisan, bahasa dan kejelasan tulisan
10

2
Kreatifitas dan Inovasi
o   Relevasi terhadap tema
o   Keunikan dan
keaktualisasian
25

3
Kemanfaatan dan Kontribusi
o   Nilai tambah keilmuan
o   Nilai tambah dalam pemecahan masalah optimalisasi potensi lokal
20

4
Data dan Sumber Informasi
o   Keakuratan data dan informasi yang disampaikan
o   Kemampuan menghubungkan data dan informasi
15

5
Pembahasan dan Kesimpulan
o   Kemampuan menganalisis data dan mensintesis pembahasan serta merumuskan kesimpulan
o   Prediksi aplikasi di masyarakat/lapangan
30


JUMLAH

100



F.     Alur dan Formulir Pendaftaran
1)      Peserta mengirimkan abstrak  secara GRATIS beserta formulir pendaftaran (formulir pendaftaran  dapat di download di…….blogspot.com) dan mengirimkan ke email biologyexhibition_unimed@yahoo.co.id
2)      Peserta yang sudah dinyatakan lolos abstrak wajib melakukan registrasi pendaftaran  sebesar Rp 100.000 melalui Rekening YULI HARDIYANTI : BNI 0267198382
3)      Peserta wajib memberikan konfirmasi kepada pihak panitia, setelah melakukan pembayaran dengan format via sms EXHIBITION_NAMA KETUA_UNIVERSITAS kirim ke 087869252900 (Agus Handoko)
4)      Peserta yang dinyatakan lolos abstrak, dapat mengirimkan karya tulisnya secara keseluruhan yang dikirim ke email febrysiallagan@gmail.com beserta bukti registrasi pendaftaran.
---5)      Peserta yang dinyatakan lolos sebagai 10 finalis dikenakan biaya tambahan.



download pdf file here



 

0 komentar:

Posting Komentar