PANDUAN
LOMBA
KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL
BIOLOGY
EXHIBITION UNIMED 2015 ( Latin
Biexmedin )
Himpunan
Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan
A.
Overview
Lomba Karya Tulis
Ilmiah Nasional tingkat Mahasiswa seluruh Indonesia yang diselenggarakan dalam
acara Biology Exhibition Unimed 2015 ini mengangkat tema :
“ Meningkatkan Kualitas Lingkungan dari
pengembangan Ilmu Pengetahuan ”
Dengan Sub-Tema :
1)
Energi
2) Pertanian
3)
Bioteknologi
B.
Ketentuan
Peserta dan Ketentuan
Lomba
a) Peserta
berasal dari perguruan tinggi se-Indonesia yang terdiri dari maksimal 3 orang
dalam satu perguruan tinggi yang sama dan didampingi 1 dosen pembimbing.
Peserta dalam 1 kelompok boleh terdiri dari jurusan yang berbeda tetapi harus
dalam institusi yang sama.
b) Peserta
LKTI merupakan kelompok mahasiswa yang masih aktif mengikuti studi baik S1
maupun diploma.
c) Setiap
tim wajib mengirimkan karya tulis mereka dengan metode penulisan dapat berupa
hasil penelitian ataupun kajian literatur.
d) Peserta
dapat mengirimkan maksimal 2
karya dalam tim yang berbeda.
e) Peserta mengirimkan abstrak terlebih dahulu,dan jika
dinyatakan Lulus abstrak dapat mengirimkan karya tulis secara keseluruhan untuk
masuk ke tahap penjurian penentuan 10 Finalis yang akan presentasi.
f) Karya
tulis yang dilombakan hendaknya memuat isu-isu terkini / kondisi lingkungan
masyarakat Indonesia disertai dengan solusi inovatif beserta gagasan cemerlang yang
ditawarkan dalam meningkatkan kualitas lingkungan.
g) Tim
yang lolos sebagai finalis boleh membawa hasil penelitian , alat
/ peraga / untuk menunjang personalitas dan
rasionalitas penelitian saat presentasi .
h) Karya
yang berupa Tugas Akhir (TA) ataupun sejenisnya
dapat diikutsertakan dalam Latin biexmedin
dengan catatan peserta masih berstatus mahasiswa aktif pada waktu mendaftar
hingga berlangsungnya Babak Final Latin
biexmedin.
i)
Setiap karya yang
dikirimkan tidak diperkenankan untuk diikutsertakan dalam kegiatan lomba
sejenis lainnya.
j)
Karya yang dikirim
adalah karya orisinil.
k) Setiap
tim finalis wajib memiliki berkas karya tulis yang dibawa pada saat presentasi.
l)
Setiap bentuk
kecurangan dalam lomba akan dikenakan pengurangan nilai atau diskualifikasi.
m) Karya
tulis peserta akan menjadi hak milik panitia dan hak cipta sepenuhnya berada di
tangan peserta.
n) Keputusan
dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
C.
Ketentuan
Penulisan
Sistematika Penulisan
Bagian
Awal (Cover)
v Halaman Judul
a. Judul
diketik dengan huruf besar, hendaknya menarik, ekspresif, mudah dipahami sesuai
dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk
penafsiran ganda.
b. Nama
penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas.
c. Perguruan
tinggi ditulis dengan jelas.
v Lembar Pengesahan
a. Lembar
pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk
b. Pada
kategori Perguruan Tinggi, Lembar pengesahan ditandatangani oleh Dosen
Pembimbing dan Wakil / Pembantu Rektor/ Direktur Bidang Kemahasiswaan / Ketua
Jurusan lengkap dengan stempel
perguruan
tinggi / stempel jurusan.
c. Lembar
pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
v Kata Pengantar
v Pesan dan kesan dari
penulis.
v Daftar isi
Mencakup daftar
isi dari setiap susunan penulisan, termasuk juga di dalamnya terdapat daftar
lain seperti daftar gambar, daftar
tabel, lampiran, dll.
Abstrak
Disusun maksimal
dua (2) halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar
belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan,
kesimpulan dan rekomendasi.
Bagian
Inti
Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal
sebagai berikut :
a.
Latar belakang berisi
tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan
tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah, pada
paragraf terakhir berisi penjelasan mengenai solusi yang ditawarkan dari hasil
karya tulis yang telah dibuat.
b. Uraian
dan deskripsi tentang keunggulan karya tulis dalam pemecahan masalah ;
Perumusan masalah yang mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui
penulisan karya tulis tersebut
c.
Tujuan dan manfaat yang
ingin dicapai melalui penulisan.
Tinjauan
Pustaka
Telaah pustaka berisi :
a.
Uraian yang menunjukkan
landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
b. Uraian
mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji,
c.
Uraian mengenai
pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
Metode
Penulisan
Penulisan
dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat
cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, pengolahan data dan atau
informasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau
rekomendasi.
Pembahasan
Analisis
permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk
menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
Penutup
a.
Kesimpulan harus
konsisten dengan analisis permasalahan dan tujuan.
b.
Saran disampaikan
berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.
Bagian
Akhir
Daftar
Pustaka
Ditulis untuk
memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.
Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang,
tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan
daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan,
nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh
dari internet ditulis alamat website-nya.
Daftar
Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae)
Daftar riwayat
hidup dari peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir,
karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang
pernah diraih.
Lampiran
(jika diperlukan) - Memuat lampiran gambar,
tabel dll.
*Ketentuan Lain Persyaratan
Penulisan
a.
Naskah ditulis minimal
20 halaman dan maksimal 35 halaman (sudah termasuk lampiran, terhitung dari bab
1). Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut
dapat mengurangi penilaian.
b.
Bahasa Indonesia yang
digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan,
sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak
menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb.
Tata
Letak
Karya tulis
diketik 1.5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman style).
Batas pengetikan adalah:
a.
Samping kiri 4 cm
b. Samping
kanan 3 cm
c. Batas
atas dan bawah masing-masing 3 cm
d.
Batas pengetikan 3 cm
pada bagian bawah.
Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan
perinciannya
a.
Jarak pengetikan antara
Bab dan Sub-bab 3 spasi
b. Judul
Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi
atas dan tanpa digarisbawahi.
c. Judul
Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis
dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang,
dari, dan.
d. Judul
anak Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) pukulan
yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar
(huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
e.
Jika masih ada sub
judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di
atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
Pengetikan
Kalimat
Alinea baru
diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan
kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan
semuanya tanpa diberi tanda petik.
Penomoran
Halaman
Bagian
pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata
pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan
bawah (i, ii dan seterusnya). Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup
memakai angka arab (1,2,3 dan seterusnya) serta diketik dengan jarak 3 cm dari
tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya).
D.
Jadwal
Kegiatan
1. Pendaftaran
dan pengumpulan abstrak : 11
Maret - 10 April 2015
2. Pengumuman
Peserta Lolos Abstrak : 13 April 2015
3. Pengumpulan
Naskah( Full Paper ) : 13 April - 22 April 2015
4. Pengumuman
Peserta Lolos : 29 April 2015
5. Konfirmasi
kedatangan Peserta :
30 April - 12
Mei 2015
6. Presentasi
dan Pengumuman Pemenang : 14 Mei 2015
7.
Field Trip :
15 Mei 2015
E.
Kriteria
Penilaian Lomba
NO
|
Kriteria
Penilaian
|
Parameter
Penilaian
|
Bobot
(%)
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian Format Penulisan
|
Penulisan
: Kerapihan,
tata letak, ukuran kertas, jumlah halaman
Penyajian
: Sistematika
penulisan, bahasa dan kejelasan tulisan
|
10
|
|
2
|
Kreatifitas dan Inovasi
|
o
Relevasi terhadap tema
o
Keunikan dan
keaktualisasian
|
25
|
|
3
|
Kemanfaatan dan Kontribusi
|
o
Nilai tambah keilmuan
o
Nilai tambah dalam pemecahan masalah
optimalisasi potensi lokal
|
20
|
|
4
|
Data dan Sumber Informasi
|
o
Keakuratan data dan informasi yang
disampaikan
o
Kemampuan menghubungkan data dan
informasi
|
15
|
|
5
|
Pembahasan dan Kesimpulan
|
o
Kemampuan menganalisis data dan
mensintesis pembahasan serta merumuskan kesimpulan
o
Prediksi aplikasi di
masyarakat/lapangan
|
30
|
|
JUMLAH
|
100
|
F.
Alur
dan Formulir Pendaftaran
1) Peserta mengirimkan abstrak secara GRATIS beserta formulir pendaftaran
(formulir pendaftaran dapat di download
di…….blogspot.com) dan mengirimkan ke email biologyexhibition_unimed@yahoo.co.id
2) Peserta yang sudah dinyatakan
lolos abstrak wajib
melakukan registrasi pendaftaran sebesar
Rp 100.000 melalui Rekening YULI
HARDIYANTI : BNI 0267198382
3) Peserta
wajib memberikan konfirmasi kepada pihak panitia, setelah melakukan pembayaran
dengan format via sms EXHIBITION_NAMA KETUA_UNIVERSITAS kirim ke 087869252900
(Agus Handoko)
4) Peserta yang dinyatakan lolos abstrak, dapat
mengirimkan karya tulisnya secara keseluruhan yang dikirim ke email febrysiallagan@gmail.com beserta bukti registrasi pendaftaran.
0 komentar:
Posting Komentar